Halaman

Minggu, 25 November 2018

TA'MIR MASJID MENYUSUN PROGRAM



masjiddarungan.blospot.com. Selang satu pekan pasca pemilihan pengurus Ta’mir Masjid Darussalam (17/11/2018), agenda penyusunan program telah digelar pada hari ahad malam (25/11) yang dihadiri oleh bapak kepala desa Darungan, H. Kulsum Efendi.

Arahan bapak H. Kulsum Efendi, “semoga pengurus yang baru dapat menjalankan amanah dengan baik dan lebih baik, ta’mir tidak perlu ragu dalam memakmurkan masjid, nanti Alloh Swt sendiri yang menjamin dengan pahala yang sesuai amalan kita.” Kata Kepala Desa Darungan memberi motivasi dihadapan musyawirin.

Menurut bapak Sumarto, “banyak yang harus kita lakukan dalam kemakmurkan masjid ini, karena masjid tidak hanya untuk kepentingan ibadah (sholat lima waktu. red) saja, juga sebagai pemersatu umat Islam dari berbagai elemen.” Ujar Ketua Ta’mir dalam sambutan perdananya sejak terpilih menjadi Ketua Ta’mir pekan lalu. Mempertegas sambutan dari Ketua Ta’mir, menurut Ust. Mahrus Ali Nur, “Ta’mir Masjid intinya punya dua pokok tugas, yaitu kemasjidan dan keummatan dan itu sudah tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Ta’mir masjid Darussalam yang baru disahkan pekan  lalu (pada saat musyawarah jamaah/pemilihan pengurus. Red).” Imbuh sekretaris Ta’mir usai acara.

Sekedar diketahui, bahwa masjid Darussalam salah satu masjid di desa Darungan yang masih aktif dan eksis dalam kegiatannya, keta’mirannya, dan tidak kalah penting yaitu status masjid yang sudah memiliki akta wakaf serta telah di daftarkan sebagai anggota SIMAS (Sistem Informasi Masjid) Kementerian Agama. Status legalitas kepengurusan yang berdasarkan musyawarah jamaah. Tentu hal ini menambah kekuatan dalam pengakuan dan kepercayaan oleh jamaah masjid dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai AD/ART.

Berikut beberapa program Ta’mir masjid Darussalam masa bakti 2018-2021
A.   Jangka Pendek
1.   Pengajian maulid Nabi Muhammad Saw pada hari Jum’at, 30 November 2018.
2.   Perbaikan pintu, lampu masjid, dan lampu pagar
3.   Revitalisasi air cuci kaki sebelah utara
4.   Perbaikan kotak amal induk
5.   Lampu taman / papan nama
6.   Pengajian Kitab Kuning oleh nara sumber H. Ma’sum Masyhuri
7.   Pembentukan Remaja Masjid

B.   Jangka Panjang
1.   Spandek
2.   Kantor sekretariat Ta’mir dan Remaja Masjid
3.   Perataan tanah halaman masjid
4.   Penyusunan buku sejarah perjalanan masjid Darussalam (dalam proses)
5.   Penataan ulang inventaris dan asset masjid

Tambahan sumbangan berupa pompa air dari hamba Alloh.