Halaman

Rabu, 05 Juni 2019

MASJID DARUSSALAM DALAM KHUTBAH IDUL FITRI 1440 H / 2019 M


 
Arsip Sekretariat Ta'mir Masjid Darussalam
masjiddarungan. Penyelanggaraan shalat idul fitri di masjid Darussalam Dusun Krajan desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur ini selalu ramai dengan jamaah shalat, baik muslimin maupun muslimat, meskipun ada beberapa mushola disekitar lingkungan masjid Darussalam yang menyelenggarakan sendiri shalat idul fitri.

Sesuai Hasil Sidang Isbat yang dilaksanakan pada hari Selasa (4/6/2019) yang diikuti oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan pakar falak dari ormas-ormas Islam, delegasi negara sahabat dan unsur terkait lainnya. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan Lebaran 2019/Idul Fitri 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019.

Pada tahun ini (1440 H / 2019 M), sesuai hasil Musyawarah Ta’mir dengan nomor surat 23/B/PTMD/IV/IV/2019 tanggal 23 Sya'ban 1440 H / 27 April 2019 M (musyawarah dilaksanakan pada hari Sabtu malam Ahad, 23 Sya'ban 1440 H / 27 April 2019 M. Red), memutuskan khotib pada shalat idul fitri di masjid Darussalam adalah Ustad Drs. Mulyono (Dewan Penasehat Ta’mir Masjid Darussalam yang juga Wakil Rais Syuriyah NU Darungan. Red)

Sebelum pelaksanaan shalat idul fitri, seperti tahun-tahun lalu, Ta’mir mengadakan hataman al-Qur’an pada hari Selasa sore, 4 Juni 2019 atau sebelum hari raya idul fitri. Namun pelaksanaan hataman tahun ini ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu ada sumbangan hewan kambing dari jamaah masjid yang dikhususnya untuk masjid Darussalam. Menurut bapak Sumarto, “Ta’mir, Remaja Masjid (REMAS) bersama jamaah masjid yang lain lebih bersemangat dalam melaksanakan hataman tahun ini, semoga amal ibadah penyumbang diterima oleh Allah Swt dengan yang lebih besar, dilapangkan rezeki, lancar usahanya, dan keluarganya dalam lindungan Allah Swt. Amin Amin Ya Robbal Alamin” harapan dan doa Ketua Ta’mir Masjid Darussalam ini disela-sela mempersiapkan konsumsi. Wallahu A'lam Bishawab.